Minggu, 18 November 2012

Tarian adat SUMATERA BARAT

TARIAN ADAT SUMATERA

           Tari daerah Sumatera Barat bercirikan tarian dengan gerak-gerak yang sangat maknawi, sederhana namun mendalam,gerakannya nampak berat tetapi kuat dan gerakan tangannya  patah-patah menyiku mengarah keatas seperti pengucapan syukur dan mengagungkan. tarian sumatera barat juga sering di perankan berpasangan dan berkelompok


         disini saya akan menjelaskan tiga macam tarian adat SUMATERA BARAT :


1.Tari Piring
2.Tari payuang gadang
3.Tari ambek ambek koto anau

           .
1. TARI PIRING
           
           tari piring merupakan sebuah kesenian milik orang minangkabau dari sumatera barat,biasanya tarian ini di gunakan pada saat musim panen tiba.tarian ini memiliki gerakan seperti petani yg sedang bercocok tanam,tarian ini merupakan tarian gerak cepat yg penarinya membawa piring di telapak tangannya.Tarian ini di iringi dengan talempong dan saluang,alat ini juga merupakan alat musik tradisional sumatera barat. 

Ini Contoh Foto Tarian :



tari piring


tari piring
2.Tari payuang padang

           tari payuang padang  merupakan tari pergaulan melayu yg populer yg menggambarkan suasana kegembiraan antara sepasang kekasih,musik pengiringnya berirama melayu yg cirinya khas hitungan ketukan pada gendangnya.

            Penari pria memakai kostum taluak balango, berkopiah, bercelana panjang dan sesamping dari kain sarung, sedangkan yang wanita memakai sunting kecil, baju kurung, sarung songket dan selendang. Payung dimainkan secara bergantian dan bersama-sama.
       

     ini contoh foto tariannya:


tari payuang padang


tari payuang padang


3.Tari ambek ambek koto anau


           Tari Ambek-Ambek adalah tari yg berawal dari tingkah laku anak anak bermain,bergelut atau bercanda  pura-pura berkelahi dengan menggunakan gerakan pencak atau merupakan olah gerak dan rasa sebagai satu bentuk materi permainan anak nagari. tari Ambek-Ambek adalah tari tradisi Koto Anau. 


           ini contoh foto tariannya:



tari ambek ambek koto anau




sesuai dengan mata pelajaran yg di ajarkan oleh guru seni budaya kami di SMPIT AL-FATIH 1 TANGERANG,CITRA RAYA yang bernama bapak DUDI MARYADJI.





Posted by: Suci Lestari =D










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar